LPMMISSI.COM

Pentingnya Belajar Bahasa Arab

Foto: Lpmmissi.com/ Doc.

SEMARANG, LPMMISSI.COMAwardee MORA Scholarship di Vrije Universiteit Amsterdam (VU Amsterdam), M. Saiful Mujab, memaparkan pentingnya mahasiswa UIN Walisongo untuk belajar memahami bahasa Arab dengan baik, Sabtu (29/8).

Bahasa Arab termasuk 5 bahasa yang sering digunakan di dunia. Oleh karena itu, memahami bahasa Arab secara keseluruhan menjadi penting.

Baca juga: Terinspirasi Q.S Az-Zumar:9, Muhammad Berhasil Kuliah di Sydney

“Bahasa Arab memiliki pengaruh 40% terhadap bahasa seluruh dunia. Maka memahami bahasa Arab harus meliputi maharah istima’ (mendengarkan), maharah al- qira’ah (membaca), maharah al-kitabah (menulis), serta maharah al-kalam (berbicara),” jelasnya dalam Webinar Talk With MASA, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK).

Ia juga membagi tips sederhana, mudah belajar bahasa Arab yang selama ini telah ia lakukan.

“Menerapkan target dalam belajar, mengubah pola pikir bahwa bahasa Arab itu sulit, serta menjaga semangat dan motivasi dan yang terpenting selalu sabar. Aspek penunjang yang tak kalah penting, memiliki buku bahasa Arab tentunya ” tambahnya.

Baca juga: Kembangkan Tiga Bahasa, FPK Resmikan UKM MASA

Diakhir materi, Saiful Mujab mengatakan bahwa kendala dalam belajar bahasa Arab kebanyakan terletak pada keyakinan diri sendiri. Serta tidak adanya lingkungan yang mendukung. Hal terakhir ini yang belum banyak ditemukan di lingkungan UIN Walisongo.

“Ubah keyakinan bahwa bahasa Arab sulit dan carilah motivasi belajar. ” Pungkasnya.

Reporter: Chofifah Uswatun Hasanah
Editor: Mela Fauziah

Tinggalkan Balasan

Contact Us

Gulir ke Atas
%d blogger menyukai ini: