LPMMISSI.COM

Media Perlu Berinovasi Agar Tidak Tergusur Era Industri Kreatif

lpmmissi.com/ Doc. Redaksi

SEMARANG, LPMMISSI.COM– Menghadapi era revolusi industri 4.0, media konvensional harus berbenah agar mampu menangkap peluang sesuai dengan perkembangan zaman.

Editor Tribun Jateng, Rustam Aji menuturkan jika zaman sekarang media hanya mengandalkan cetak, maka akan tergusur.

“Mau tidak mau harus beralih ke online, meskipun media online itu repot,” ujar Rustam, saat menjadi pembicara dalam acara Ta’aruf LPM MISSI di Laboratorium Dakwah, Kamis (5/9).

Dalam kesempatan itu, Rustam juga menyatakan keprihatinannya. Sebab, lapangan pekerjaan semakin menyempit. Namun demikan, masyarakat tidak bisa terus bergantung pada industri yang ada.

Baca juga: Agung Sudjatmoko: UIN Harus Membangun Miniatur Copreneur

“Kreativitas harus dikembangkan. Keahlian menulis seorang jurnalis itu bukan karena bakat. Akan tetapi, berangkat dari keahlian yang terus diasah, kita harus terus berinovasi,” imbuhnya.

Sementara itu, wartawan metrosemarang.com, Safitri Yulikhah, mengemukakan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat kepada peserta yang hadir untuk ikut berkontribusi di era revolusi industri 4.0.

Baca juga: Dekan Baru FDK Ajak Mahasiswa Kembangkan Model Dakwah

“Mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh dari bangku perkuliahan untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Safitri berpesan agar mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo lebih bisa menggunakan keunggulan ilmu agama daripada universitas lainnya.

“Pendidikan agama Islam tidak diajarkan di universitas umum. Jadi, mahasiswa UIN seharusnya bisa berpikir lebih kreatif dalam berdakwah lewat media,” katanya.

Reporter: Siti Husnul K.
Editor: Isbalna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us

Gulir ke Atas