Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Maba FDK Wajib Tau, Ini 4 UKM-F yang Bisa Diikuti

foto: doc lpmmissi.com

Ketika memasuki bangku perkuliahan nantinya kita tidak akan asing dengan istilah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di sekolah kerap dikenal dengan sebutan ekstrakurikuler atau ekskul, namun saat di dunia perkuliahan kita menyebutnya dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu lembaga kemahasiswaan tempat berkumpulnya para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

UKM berguna bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan dan bakat sesuai bidang masing-masing. UKM juga bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman dan belajar hal baru.

Baca juga:Besaran UKT Camaba Tidak Sesuai, Dema-U: Jangan Bayar UKT Dulu!

Untuk kalian mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) wajib mengetahui apa saja UKM yang ada di FDK.

Nah, pada artikel kali ini lpmmissi.com merangkum 4 UKM di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, antara lain :

  1. Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) Missi

LPM Missi bergerak di bidang jurnalistik. Dalam kegiatannya para mahasiswa baru akan diajak belajar cara menulis dengan baik dan benar, mulai dari berita, artikel, opini dan lain-lain.
Di LPM Missi kamu dapat belajar bagaimana cara melakukan liputan di lapangan. Liputan berita biasanya dilakukan di dalam maupun luar kampus.

Tak hanya di kepenulisan saja, tetapi juga akan belajar mengenai fotografi dan videografi jurnalistik. Bagi mahasiswa baru FDK yang berminat belajar tentang ilmu jurnalistik bisa bergabung dengan LPM Missi.

2.KSK WADAS

KSK Wadas bergerak di bidang kesenian, mulai dari musik, teater, panembrono, dan film. UKM ini mewadahi mahasiswa yang mempunyai minat dengan kesenian.

Mahasiswa yang bergabung dengan KSK Wadas nantinya akan terbiasa tampil di depan umum, sebab akan ada kegiatan yang mereka lakukan mulai dari band musik hingga teater. Hal tersebut akan melatih anggota wadas agar berani tampil didepan umum. Bagi mahasiswa baru yang berminat dan ingin belajar di bidang kesenian serta teater, KSK Wadas bisa menjadi pilihan yang cocok.

Baca juga: Mahasiswa Keberatan Potongan UKT Hanya Berlaku Bagi Semester 11

3.DSC (Dakwah Sport Club)

Sesuai dengan namanya, UKM ini bergerak di bidang olahraga. Ada banyak cabang olahraga yang ditawarkan mulai dari sepak bola, futsal, voli, basket, badminton, tenis meja, dan E-sport.

Mahasiswa baru yang ingin mengasah skill pada cabor tersebut bisa bergabung dengan DSC. Dalam kegiatan DSC akan ada latihan rutin yang diadakan tiap minggu dan juga akan sering mengikuti turnamen di dalam maupun di luar kampus.

Dengan sering mengikuti latihan rutin dan mengikuti turnamen nantinya juga akan dapat banyak pengalaman bertanding sehingga mental dan skill semakin meningkat.

4.Kordais (Korp Da’I Islam)

UKM ini bergerak dalam bidang keagamaan yang dibagi menjadi lima devisi, yaitu devisi khitobah, kitab kuning, rebana, tilawah, dan takhasuss Al-Quran.
Pada devisi rebana nantinya juga akan tampil pada acara kampus maupun acara luar kampus. hal itu dilakukan UKM kordais agar para anggotanya mempunyai pengalaman dan kegiatan diluar kampus.

Dengan bergabung ke UKM Kordais, maka akan menambah skill di bidang keagamaan sesuai devisi yang ingin diikuti.

Itu tadi keempat UKM yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang wajib diketahui oleh mahasiswa baru khususnya FDK.

Apabila kalian ingin mengasah skill, mencari pengalaman, memperbanyak relasi, dan belajar hal baru, kalian bisa bergabung dan aktif mengikuti UKM yang ada di FDK sesuai dengan minat masing-masing.

Penulis: Bagus Satria

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini