“Jeguran sak puase” di Wisata Pesona Garda Sungai Tuntang Dusun Ndawung Kab Semarang

Suasana Wisata Pesona Garda pada minggu, (16/05). Dok, LPMMISSI.com

SEMARANG, LPMMISSI.COM Tempat wisata baru terus bermunculan di wilayah Kabupaten Semarang. Salah satunya wisata Pesona Garda sungai Tuntang di dusun Ndawung, Candirejo, Pringapus, Kabupaten Semarang yang menawarkan fasilitas jeguran (mandi di sungai).

Pengunjung dapat jeguran hingga puas dengan hanya membayar tiket 5000 rupiah per kepala pengunjung.

Salah satu pegunjung Ines munuturkan, meski arus air cukup deras, wisata pesona garda ini tetap aman untuk anak-anak. Sebab ada driver yang menjaga pengunjung saat jeguran.

“Awalnya kaget pas dateng kok arusnya deras, tapi ternyata disini ada driver yang ngarahin kapal pelampungnya jadi pengunjung tetap aman,” tuturnya, Minggu (16/05).

Baca Juga : FDK Canangkan Simulasi Kuliah Blended 24 Mei Mendatang

Selain jeguran, pengunjung juga dapat ber-swafoto, atau sekedar bercengkrama dengan sanak saudara di tepi sungai Tuntang.

Diantara pengunjung itu, ada Tia yang sedang menikmati suasana alam dari dalam tenda yang tersedia di tepi sungai.

Menurutnya, susana Objek Wisata Pesona Garda masih asri dan alami.

“Bagus kok, suasananya masih asri, airnya juga masih alami,” ujar Tia.

Suasana Wisata Pesona Garda pada minggu, (16/05). Dok, LPMMISSI.com

Pengelola wisata membagi sungai yang menjadi wahana jeguran menjadi dua yaitu, zona aman untuk anak-anak dan zona rawan untuk dewasa. Akan tetapi pengunjung sebaiknya tetap waspada karena di sungai banjir bisa datang sewaktu-waktu.

Kemudian, pengunjung juga dapat berswafoto. Ada banyak spot foto menarik yang terbuat dari bambu, seperti perahu dan rumah pohon.

Baca Juga : UIN Walisongo Resmikan Kebijakan Tugas Akhir Tidak Harus Berbentuk Skripsi

Sayanganya, untuk mencapai Objek Wisata Pesona Garda tidak mudah. Selain jaraknya yang jauh dari pusat Kabupaten Semarang, akses jalannya pun masih sempit dan ada beberapa ruas jalan yang bergeronjal.

Untuk itu Kepala Dusun Ndawung Sekaligus ketua pengelola Zamroni berharap, pemerintah dapat memberikan bantuan perbaikan insfrastruktur jalan, sehingga para wisatawan lebih mudah mengakses Objek Wisata Pesona Garda.

“Harapan kami dari pemerintah harusnya ada kontribusi pemberdayaan masyarakat, prioritas utama kami saat ini adalah akses jalan,” katanya.

Lanjutnya, tidak hanya wisatawan lokal ia juga berharap Objek Wisata Pesona Garda juga dapat menarik wisatawan manca negara.

Reporter : Sakti Chiyarul Umam
Editor: Siti Rohmah

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: