LPMMISSI.COM

Tunjukan Karya Hebat Mu

foto: lpmmissi.com/repro
Judul Buku      : SHOW YOUR WORK: 10 Ways to Share Your Creativity and Get Discovered
Jenis Buku       : Pengembangan Diri
Penulis             : Austin Kleon
Penerjemah      : Rini Nurul Badariah
Tebal               : 215 halaman
Tahun Terbit    : Maret 2015 (Cetakan ke-3)
Penerbit           : Noura Books (Versi Bahasa Indonesia)
ISBN               : 978-602-1306-67-3
Resensator       : Korie Khoriah
Mungkin sering orang berkata ‘ingin tampil, maka berkaryalah’. Namun, ternyata berkarya belumlah cukup. Masih ada beberapa fase yang harus dilalui jika ingin karyamu ditemukan dan Austin Kleon akan memaparkannya dengan baik dalam serial bukunya berjudul ‘Show Your Work’. Buku yang versi terjemahannya pertama kali terbit pada November 2014 ini memiliki kesinambungan dengan buku Austin Kleon sebelumnya berjudul ‘Steal Like an Artist’. Tetapi, pembaca tidak perlu khawatir karena jika buku ‘Steal Like an Artist’ lebih membahas tentang pencurian pengaruh dari orang lain, maka ‘Show Your Work’  justru membahas mengenai cara mempengaruhi orang lain dengan membiarkan mereka mencuri darimu.

Langkah pertama agar sebuah karya ditemukan dan dapat dicuri serta memberikan pengaruh adalah dengan cara berbagi. Bagaimana caranya berbagi? Di era dengan teknologi yang semakin canggih, tidak sulit untuk membagikan karya. Dunia maya, melalui media sosialnya seperti blog, facebook, twitter, instagram, serta jenis akun lainnya yang umum digunakan untuk saling berinteraksi dapat dimanfaatkan sebagai tempat publikasi karyamu, karena berkarya merupakan proses tanpa henti atau tidak berujung.

Selain dengan cara berbagi, Austin Kleon akan menjelaskan langkah-langkah lain yang juga penting untuk dipertimbangkan dan dipraktikkan. Ia mengemasnya dalam 10 bagian judul besar dalam buku ini. Semuanya tentu demi ditemukannya karyamu oleh orang lain. Di antaranya, Austin Kleon menegaskan dalam bagian ketujuh isi bukunya bahwa seseorang yang ingin karyanya ditemukan berarti dirinya ingin diperhatikan. Ketika ingin diperhatikan oleh orang lain, perlu diingat bahwa kita juga perlu memberi perhatian terhadap karya dari seniman lain. Baginya, jika menginginkan penggemar, seseorang harus menjadi penggemar terlebih dahulu. Jika ingin diterima komunitas, seseorang harus menjadi warga komunitas yang baik terlebih dahulu.  Jika hanya menunjukkan karya sendiri di internet, hal tersebut merupakan sebuah kekeliruan.

Buku seri pengembangan diri yang sudah tiga kali naik cetak ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya dari segi penulisan, penggunaan gaya bahasa yang tidak kaku misalnya memakai kata sapaan ‘kamu’ mengesankan bahwa penulis tengah membangun keakraban dengan pembaca. Selanjutnya, dengan membagi setiap langkah atau tips menjadi bagian yang berdiri sendiri dapat membuat pembaca lebih fokus dan terstruktur dalam memahami maksud tulisan. Buku ini juga dilengkapi kata-kata bijak yang mampu membangun motivasi dalam diri. Kelebihan lainnya terdapat dalam desain buku yang dibuat menarik dan tidak terlalu padatnya tata letak tulisan menjadikan aktivitas membaca lebih menyenangkan. Sayangnya, di beberapa halaman terdapat semacam bagan yang sifatnya semi abstrak, sehingga pembaca perlu sedikit berpikir keras untuk menangkap maksud penulis. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, buku ‘Show Your Work’  cocok dibaca oleh siapa saja yang berkeinginan untuk mempublikasikan karyanya secara bijak. Selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Contact Us

Gulir ke Atas
%d blogger menyukai ini: