LPMMISSI.COM

Tips Kuliah Kerja Nyata (KKN) Yang Baik Dan Benar


             Ketika kita yang berstatus mahasiswa sudah menginjak masa-masa semester tua, tentu nantinya akan mengambil mata kuliah yang biasa disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN). Ada-ada saja persiapan-persiapan yang harus di list oleh calon mahasiswa KKN. Dan inilah beberapa tips yang perlu dilakukan. Di antaranya adalah: 
           1. Ingat tujuan utama

Momen KKN memang salah satu hal yang sebenarnya mengasyikkan dan bisa dibilang sebagai momen buat have fun bareng. Tidak jarang, KKN Latihan hidup bermasyrakat, bukan untuk jalan-jalan dan refreshing belaka. Namun, harus diingat bahwa kita di tempat itu untuk berlatih menjadi bagian dari masyarakat. Salah satu hal yang perlu dilakukan pada minggu pertama adalah survey di medan perang. Agar kita tahu senjata apa yang akan kita pakai dan bagaimana tehnik yang cocok mengeksekusinya. Namun, hal yang sering dilakukan ketika peserta KKN melakukan proses observasi, mereka melupakan tujuan utamanya Survey beneran, bukan hanya lihat tempat terus pulang. 
2. Proker (progam kerja) logis
Selama KKN, biasanya kita dituntut untuk membuat program kerja. Tidak jarang, antar posko saling gengsi-gengsian dalam hal program kerja yang dibuat. Semakin bagus program kerja yang direncanakan semakin keren pula posko yang menjalankan. Namun, Karena terlalu berambisi, terkadang peserta KKN merancang kegiatan yang terlalu muluk-muluk tanpa memperhatikan kemampuan rekan-rekan se-posko. Jadi, alangkah baiknya untuk merancang program kerja sesuai kemampuan rekan-rekan se-posko.
3. PDKT membaur bersama masyarakat
Ini adalah bagian dari inti pelaksanaan KKN, yaitu latihan bermasyarakat. Untuk bisa menjadi bagian dari masyarakat, tentu butuh fase pengenalan diri dari rekan-rekan seposko dengan masyarakat sekitar. Mulai dari senyum, salam dan sapa. Mengikuti kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, seperti sholat jamaah, Evaluasi, briefing, duduk-duduk bareng bersama rekan seposko, guna membahas kegiatan-kegiatan yang sudah dan akan dilakukan, merupakan hal yang penting dilakukan tiap harinya.
Itulah beberapa tips bagi kamu yang akan melaksanakan KKN. Semoga KKN-nya lancar dan berkesan yaa. Selamat KKN.(Abbas)

Tinggalkan Balasan

Contact Us

Gulir ke Atas
%d blogger menyukai ini: