Tips Bangun Subuh Tepat Waktu

foto: lpmmissi.com/repro
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bangun di waktu pagi memiliki banyak dampak positif bagi yang mampu membiasakannya. Misalnya, dalam dunia kesehatan, bangun dan beraktivitas di pagi hari dapat memaksimalkan kerja organ tubuh dengan baik.

Ternyata, jauh sebelum terungkap banyaknya manfaat dan kebaikan di waktu pagi, Islam telah membudayakan bangun pagi bagi para pemeluknya melalui perintah Shalat Subuh. Bahkan Rasulullah Saw. pun berdoa pada Allah untuk memberikan keberkahan di waktu pagi,

Yaa Allah, berkatilah umatku di waktu pagi” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad, dan Ibnu Majah)
Sayangnya, masih banyak  yang mengaku sulit  untuk bangun menunaikan Shalat Subuh tepat waktu. Ini memang benar adanya, karena…

Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik ialah shalat Isya dan Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak” (HR. Bukhari & Muslim)

Astagfirullah, kita tentu tidak mau bukan digolongkan ke dalam orang munafik?
Maka dari itu, yuk kita belajar menjadi Pejuang Subuh J
Gimana caranya? Mari baca yang di bawah ini:
1.      Berazam yang kuat untuk bangun Subuh
Sebelum tidur mohon pertolongan Allah Swt. untuk  dibangunkan saat Subuh, Laa haula walaa quwwata illaa billah, tiada daya upaya melainkan dengan pertolongan-Nya.

2.      Usahakan tidur tidak terlalu larut
Kira-kira jangan tidur lebih dari jam 10. Belajar memerangi hawa nafsu untuk melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat sampai larut malam. Misalnya, menonton televisi, main game, asyik dengan sosial media. Sesungguhnya kalau kita yakin, masih ada hari esok untuk melakukan kegiatan yang sifatnya hanya sebagai hiburan tersebut.

3.      Pasang alarm
Usahakan jangan cuma satu alarm. Pasang alarm untuk beberapa waktu. Kalau waktu Subuh tiba jam setengah 5 pagi, format alarm pertama jam 04.00, kedua 04.10, ketiga 04.20. Gunanya, antisipasi siapa tahu alarm pertama tidak berhasil dan kita juga bisa lebih siap saat akan menyambut waktu Subuh. Terlebih bagi yang membiasakan diri Shalat Subuh berjamaah di masjid, it’s betterJ

4.      Wudhu sebelum tidur
Artinya, saat tidur kita dalam keadaan suci dan bersih. Insyaa Allah tidur kita akan terjaga karena Allah itu Maha Suci dan menyukai hal-hal yang suci dan bersih.

5.      Membuat target
Jadikan Shalat Subuh tepat waktu sebagai target. Misalnya, di awal masa percobaan, buat target Shalat Subuh tepat waktu selama 40 hari berturut-turut. Konsekuensinya, satu kali saja terlambat, pembuat target wajib mengulangi hitungan dari awal. Lebih baik lagi kalau target 40 hari itu untuk Shalat Subuh berjamaah di masjid.

6.      Meminta pertolongan teman untuk dibangunkan
Ternyata kita termasuk orang yang terbiasa sulit bangun pagi, maka mintalah pertolongan teman yang sudah biasa bangun Subuh tepat waktu untuk turut membangunkan kita dengan cara apapun.

7.      Kalau kita sudah berhasil, mulailah mengajak teman untuk berjamaah Shalat Subuh.
Barang siapa shalat Isya berjamaah, maka seakan-akan ia telah shalat setengah malam. Dan barang siapa shalat Subuh berjamaah maka seakan-akan ia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh” (HR. Muslim)
Indah bukan? Belum terlambat untuk memulai. Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau tidak dari sekarang, kapan lagi?
Terakhir, biasakan setelah Shalat Subuh tidak kembali tidur. Lebih baik kita segera menunaikan aktivitas yang bermanfaat. Misalnya membaca Alquran, membereskan tempat tidur atau berolah raga.
Selamat menebar manfaat, (Korie Khaeriah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us