Menggambar Sebagai Wadah Literasi Media


SEMARANG, LPMMISSI.COM – Seminar dan Pameran Seni bertema Literasi Media yang diadakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah bekerja sama dengan Rumah Rupa UIN Walisongo, sukses digelar di Auditorium dua Kampus III, Senin (9/4) kemarin.

Dalam kesempatan kali ini, Rumah Rupa yang merupakan satu-satunya komunitas seni rupa di UIN Walisongo memperlihatkan beragam gambar kartun karya anggota-anggotanya.

Baca Juga: Majelis Zikir, Wadah Doa Pembangunan UIN

Dua puluh lebih gambar kartun terpajang rapi, dengan nilai yang menyinggung tentang fenomena-fenomena mengerikan akibat konten negatif yang dihasilkan oleh media, khususnya televisi.

Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan masyarakat agar lebih cermat menangkap informasi dari berbagai media.

“Tujuan diadakannya seminar dan pameran ini adalah menyeru masyarakat untuk lebih cerdas dalam menyaring konten-konten yang disajikan media,” papar salah satu panitia, Husen Anggara.

Baca Juga: Via Whatsapp, Mahasiswa Berdoa Untuk UIN Walisongo

Husen menambahkan gambar yang dipamerkan tidak diberlakukan syarat dan ketentuan khusus. 

“Semua karya akan diterima, selama sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.”

Rumah Rupa berharap, adanya event seperti ini mampu membuat mahasiswa lebih mengenal komunitas yang baru berdiri pada tahun 2016 lalu.

Sehingga Rumah Rupa akan menjadi salah satu media dalam mengekspresikan pendapat atau menyampaikan kritik bagi mahasiswa kepada universitas.

Reporter : Mela Fauziah (MG 17)
Editor : Isbalna

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: