Melalui Riset Penyiaran, KPID Jawa Tengah Berharap Ada Masukan dari Mahasiswa


SEMARANG, LPMMISSI.COM – Mahasiswa Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) angkatan 2015-2017 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, mengikuti acara Study Media ke Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Tengah (KPI D Jateng) dan Kompas Tv Jawa Tengah, Jumat (27/4).

Kunjungan ini diadakan di kantor Komisi Penyiaran Indonesia Jawa Tengah di Aula lantai 3, Komisioner KPI D Bidang Isi Siaran Sonakha Yuda Laksono menerima dengan baik kedatangan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang, tahapan kunjungan ini merupakan tahapan kedua yang dilakukan oleh Mahasiswa Jurusan KPI, setelah diadakannya Seminar Nasional tentang Literasi Media di Auditorium I lantai dua Kampus I UIN Walisongo, Rabu (25/04).

Baca Juga: KSK Wadas Pentaskan Naskah “AKU” di UIN Walisongo

Sonakha Yuda Laksono menegaskan tentang peran KPI D Jawa Tengah secara gamblang dan jelas baik mulai dari Seminar Nasional maupun sesi kunjungan ke kantor.

“Sebagaimana Undang-Undang No 32/2002 tentang Penyiaran, KPI D memiliki kewenangan untuk memberikan rekomendasi perizinan penyelenggaraan Penyiaran dan pengawasan isi siaran. Tetapi bukan KPI D saja yang turut andil mengawasi, masyarakat juga harus berperan aktif dalam pengawasan konten isi penyiaran, jika terbukti melanggar aturan dan tayangan tersebut mengandung unsur kekerasan, seksualitas, pencabulan, pembulian, masyarakat wajib melakukan pelaporan kepada kami,” kata Sonakha.

Baca Juga: Tanpa Masyarakat dan Pemerintah, KPI Tak Bisa Terbitkan Regulasi Media

Komisioner KPI D Jawa Tengah M Rofiuddin menjelaskan ada beberapa hal yang bisa dilakukan mahasiswa berkaitan dengan penyiaran. Misalnya melakukan riset tentang penyiaran di kantor KPI D Jawa Tengah, dan diharapkan riset itu ada input atau masukan dari mahasiswa. Masukan sangat penting di tengah situasi lembaga penyiaran yang masih banyak kekurangan.

Reporter: Nabila Nikmatul Laeli (MG 2017)
Editor: Naela Mala Hima Ulya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us