Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

9 Cara Agar Kamu Betah Tinggal di Perantauan

foto:lpmmissi/putri

Kehidupan memang tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Terkadang kita menemukan hal baru, termasuk berpindah rumah ataupun pindah kota. Apalagi untuk mahasiswa rantauan, pasti menjadi tantangan sendiri untuk hidup jauh dari rumah. Namun, seorang mahasiswa rantau yang jauh dari rumah ke tempat yang belum pernah mereka kunjungi pasti memiliki perbedaan bahasa, budaya, maupun tipikal orang.

Kegiatan merantau merupakan kegiatan perginya seseorang untuk meninggalkan tempat dimana ia berasal dengan tujuan menjalani kehidupan baru sekadar mencari pengalaman hidup atau perkuliahan. Nah, supaya merasa nyaman seperti di rumah sendiri, yuk terapkan beberapa cara di bawah ini!

  1. Mencari informasi seputar tempat tersebut.
    Tak kenal maka tak sayang, itulah pepatah orang Jawa sejak zaman dahulu. Rajin-rajinlah mencari tahu seputar tempat tinggal yang baru agar lebih akrab.

  2. Mengobrol dengan tetangga ataupun orang-orang yang kamu temui.
    Pengetahuan terbaik datang dari orang-orang yang tinggal di sana lebih lama daripada kamu. Mereka akan menceritakan kebiasaan warga setempat serta kegiatan seru untuk dilakukan, seperti teman satu lingkup kost supaya lebih akrab.

  3. Gunakan kendaraan umum, untuk mempelajari kebiasaan-kebiasaan penduduknya.
    Apabila berbeda kota, kamu bisa menjelajah dan mempelajari isi kota lewat transportasi umum. Melalui angkot, kamu bisa melihat kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

  4. Ikut perayaan-perayaan yang diadakan oleh kota ataupun warga setempat.
    Jangan menjadi tetangga yang pasif. Jika ada perayaan, ikuti untuk merayakannya. Selain memperdalam pengetahuanmu seputar tempat, kamu juga bisa mendapatkan teman baru.

  5. Olahraga pagi di taman, untuk melihat lingkungan.
    Selain menyehatkan tubuh dengan berolahraga, warga yang biasa berolahraga semakin lama akan menyapamu sehingga mengenal satu sama lain.

  6. Mencicipi makanan street food.
    Kamu akan lebih mudah jatuh cinta dan betah di tempat baru apabila kamu mencintai makanannya. Makanan paling lezat biasanya street food, jadi coba saja street food di area terdekat.

  7. Mudah Bergaul
    Berusahalah bersikap ramah dan supel saat menjadi perantau. Perbanyak percakapan dengan orang baru, cari tahu tentang daerah tempat kamu tinggal. Seperti tanya tentang tempat makan terdekat atau laundry terdekat. Carilah bahan obrolan yang ringan tetapi santun.

  8. Berbagi Cerita ke Sesama Perantau
    Cobalah berbagi pengalaman dengan orang yang sedang atau pernah merantau di wilayah tempat tinggal kamu. Dengan berbagi pengalaman yang senasib, kamu tidak akan merasa sendirian.

  9. Coba Merawat Hewan Peliharaan
    Mempunyai hewan peliharaan, dipercaya dapat mengatasi perasaan rindu kampung halaman dan membantu mengusir rasa kesepian serta kangen rumah yang bertambah. Hewan peliharaan yang sering diadopsi seperti kucing atau anjing.

Itulah 9 cara yang bisa kamu lakukan agar kamu sebagai anak rantau tidak merasa kesepian atau rindu kampung halaman. Sehingga kamu bisa merasa nyaman seperti di rumah sendiri.

Penulis: Putri Siti C.

Editor: Siti Solikha

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini