Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

4 Rekomendasi Buku Motivatif buat Kamu yang Beranjak Dewasa

foto:lpmmissi/Ayu

Ketika mulai beranjak dewasa dan sedang dalam proses mencari jati diri, dapat dipastikan bahwa akan ada banyak masalah yang dihadapi oleh seseorang. Mulai dari masalah pribadi seperti sulitnya konsisten membangun kebiasaan baik, susah mengatur keuangan, kesehatan mental yang turun, dan terlalu memikirkan ekspektasi orang lain merupakan beberapa masalah yang sering dihadapi ketika seseorang beranjak dewasa.

Untuk memberikan gambaran serta mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa solusi praktis yang bisa diterapkan setelah membaca buku-buku ini. Jadi inilah 4 rekomendasi buku yang wajib masuk dalam daftar bacaan kalian.

  1. Atomic Habits
    Buku ini wajib masuk ke dalam daftar bacaan kalian, karena apa? Sang penulis, James Clear menjelaskan bahwa buku ini membantu kita untuk 1% lebih baik setiap harinya untuk berperan dalam kemajuan jangka panjang. Tidak hanya itu, suatu keberhasilan dapat dicapai atas kebiasaan kecil atau remeh yang dilakukan berulang-ulang secara konsisten. Jadi bisa dikatakan bahwa kebiasaan akan membentuk identitas kita (begitu pula sebaliknya). Dalam buku ini terdapat cara untuk menciptakan kebiasaan baik, yaitu:
  2. Menjadikannya terlihat
  3. Menjadikannya menarik
  4. Menjadikannya mudah
  5. Menjadikannya memuaskan

Selain itu semua terdapat rangkuman pada setiap akhir bab yang dapat memudahkan pembaca untuk mempraktikkan secara langsung. Dengan bahasa yang mengalir dan tips yang mudah dipahami, maka buku ini dapat dengan mudah diaplikasikan oleh pembaca.

  1. The Psychology of Money
    Buku the Psychology of Money merupakan buku yang dapat membuka pola pikir pembaca tentang uang. Buku ini terdapat 19 cerita yang berkaitan dengan perilaku manusia dalam mengelola uang. Selain itu terdapat kisah nyata antara dua orang yang memiliki latar belakang berbeda dalam menyikapi harta yang dimiliki. Morgan Housel, dalam bukunya menyatakan bahwa seseorang yang memiliki latar belakang bagus belum tentu dapat mengatur keuangan dengan baik, dan itu berlaku juga untuk sebaliknya.

Untuk kamu yang mulai beranjak dewasa dan sudah waktunya untuk mengatur keuangan, buku ini akan sangat cocok untuk dibaca. Dengan pembahasan yang mudah dipahami serta contoh yang nyata tentunya dapat menjadi langkah praktis bagi pembaca untuk belajar membuat keputusan keuangan yang bijak. Melalui buku ini, pembaca akan menyadari bahwa perilaku sederhana terhadap uang akan menuntun seseorang terhadap kesuksesan. Karena yang terpenting adalah mindset atau pola pikir seseorang tentang uang itu sendiri.

  1. Filosofi Teras
    Henry Manampiring, sang penulis menyatakan dalam buku ini bahwa seringkali kita merasa masalah yang dihadapi terlalu berat, kecewa terhadap hal-hal diluar kontrol, serta cemas terhadap masa depan. Perasaan tersebut sangat lumrah terjadi kepada seseorang, akan tetapi dengan membaca buku ini pembaca dapat membuka pikiran mereka bahwa segala sesuatu yang terjadi didunia ini ada hal yang dapat dikendalikan dan ada beberapa hal yang tidak dapat dikendalikan.
    Filosofi Teras adalah buku yang membahas mengenai ilmu filsafat Stoikisme pada zaman kekalahan Yunani atas Romawi yang masih sesuai jika diterapkan pada masa sekarang ini.

Dengan membaca buku ini kita akan mengetahui bagaimana cara untuk menghadapi ketidakpastian dalam hidup dan mengajarkan untuk fokus pada apa yang bisa dilakukan saat ini. Dan untuk kamu yang masih cemas dengan pendapat orang ataupun dengan segala ketidakpastian yang ada didunia ini kemudian ingin belajar untuk mengelola emosi, maka buku Filosofi Teras akan sangat membantu pembaca untuk lebih tenang, mampu mengendalikan emosi negatif, serta tidak mudah stres.

  1. Berani Tidak Disukai
    Berani Tidak Disukai merupakan buku dari Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga yang mengkaji mengenai teori psikologi dari Alfred Alder. Buku ini sangat cocok untuk pembaca self improvement pemula, mengapa demikian? Karena bahasa dan pembahasan yang ada pada buku ini mudah untuk dipahami. Selain itu buku Berani Tidak Disukai juga berisi percakapan yang menyediakan jawaban atas semua pertanyaan yang ditujukan seorang pemuda kepada filsuf.

Untuk pembaca yang ingin mulai belajar tentang batasan diri sendiri terhadap lingkungan sekitar, mampu menentukan arah hidup, dan bebas dari ekspektasi orang lain, maka buku Berani Tidak Disukai wajib untuk dibaca dan dipahami.

Itulah 4 rekomendasi buku motivatif untuk meningkatkan pola pikir, membangun kebiasaan baik secara konsisten, dan mengontrol emosi agar dapat hidup dengan baik dan tidak hanya terfokus pada hal-hal diluar kendali.

Penulis: Diah Ayu Fadilah
Editor: M Zaky Ramadhani

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini