Kuliner Legendaris, Salad Ala Jawa


Indonesia memiliki segudang kuliner yang menggugah selera. Mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat, makanan yang memiliki rasa manis, asin, asam, pedas, hingga perpaduan antara berbagai rasa tersebut. Kuliner Indonesia begitu kaya serta memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda-beda dari masing-masing daerah.

Salah satu makanan legendaris di Indonesia yaitu salad ‘ala Jawa yang biasanya disebut dengan pecel. Bagi penikmat kuliner nusantara, tentunya sudah  tidak asing dengan makanan tersebut.  Makanan khas dengan beberapa variasi sayur-sayuran ini biasanya dicampur dengan bumbu kacang yang telah ditumbuk halus atau diuleg

Namun, pecel memiliki komposisi dan nama yang berbeda di masing-masing daerah di Indonesia, di Jawa Tengah saja terdapat beberapa pecel diantaranya seperti pecel Kembang Kecombrang (Kroya Cilacap), pecel Godhong Cakla-cikli (Petanahan Kebumen), pecel Kembang Turi (Imogiri Yogyakarta), pecel Kenci (Temanggung), pecel Ndeso (Surakarta), pecel Semarang (Semarang), dan pecel Gambringan (Purwodadi Grobokan).

Baca Juga: Kisah Baru Klinthing di Desa Wisata Danau Rawa Pening

Hampir serupa dengan pecel, gado-gado merupakan makanan dengan komposisi sayuran yang dibumbui dengan saus kacang. Perbedaan dari makanan tradisional ini terletak pada komposisi bahan, tambahan bumbu dan cara penyajian yang dilakukan. Pecel terdiri dari beberapa jenis sayur-sayuran saja seperti kol, kangkung, kacang panjang, dan tauge yang sudah di rebus kemudian di tambah bumbu saus kacang sebagai pelengkap nasi. 

Sedangkan gado-gado biasanya terdiri dari lontong, kol mentah yang di iris tipis-tipis, tahu, timun, telur rebus, kentang, daun seledri, dan di taburi bawang goreng, kemudian disirami saus kacang dan kecap manis sebagai pelengkap. 

Selain enak dan murah, pecel adalah makanan yang tergolong menyehatkan karena terdiri dari sayur-sayuran yang mengandung berbagai jenis vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh dapat meningkatkan kesehatan, meningkatkan metabolisme dan sebagai antioksidan. Cara pengolahan sayuran pada pecel yang hanya direbus membuat vitamin yang terkandung pada sayuran tersebut tidak rusak.

Untuk menemukan pecel adalah hal mudah, sebab di pasar-pasar tradisonal masih banyak ditemui penjual panganan tradisional yang harganya merakyat ini. Untuk satu porsi pecel dengan tambahan nasi biasanya dihargai Rp 5.000 – Rp 10.000. Bagaimana, tertarik makan pecel hari ini?

Penulis : Yulina RC (Kru Magang 2017)
Editor : Hijriyanti Nur Afni

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: