KPID Jateng Selenggarakan Seminar Hari Penyiaran Nasional Pertama di UIN Walisongo


SEMARANG, LPMMISSI.COM – Kegiatan bertaraf nasional yang diadakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa tengah (KPID Jateng) dengan tema “Television Host Training”  telah berhasil dilaksanakan di Auditorium II kampus III UIN Walisongo Semarang, Rabu (9/5).

Kegiatan ini merupakan bentuk peringatan Hari Penyiaran Nasional yang rutin dilaksanakan tiap tahun oleh KPID Jateng, dan kali pertama diselenggarakan di lingkungan universitas yakni di UIN Walisongo. 

Baca Juga : Melalui Riset Penyiaran, KPID Jawa Tengah Berharap Ada Masukan dari Mahasiswa

Sebagai universitas pertama yang  menjadi tempat seminar nasional oleh KPID Jateng merupakan suatu kebanggaan sekaligus bentuk dukungan UIN Walisongo dalam meningkatkan dunia literasi media.

Komisioner KPID Jawa Barat Neneng Athiatul fauziah menjelaskan bahwa dalam dunia literasi media terutama di bidang penyiaran, public speaking merupakan modal awal yang harus dimiliki. 

Hal ini diperkuat oleh Indy Rahmawati seorang presenter berita TV One yang menegaskan bahwa public speaking itu penting dan harus dipelajari,bahkan oleh semua orang termasuk mahasiswa.

“Pelatihan 30 menit sangat tidak cukup untuk menjadi public speaker, karnanya harus belajar rutin minimal 3 bulan,” tegasnya.

Baca Juga : Tanpa Masyarakat dan Pemerintah, KPI Tak Bisa Terbitkan Regulasi Media

Selain menghadirkan dua narasumber terkenal dan berpengalaman, kegiatan ini juga menampilkan pameran kartun bertaraf international dimana hanya menampilkan 200 karya terbaik dari 400 karya yang berasal dari 47 negara.

Ketua panitia sekaligus ketua Rumah Rupa Walisongo (RRW) Husen Anggara berencana mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas tentang kartun dan gambar, dia berharap Ukm tersebut segera diresmikan agar bisa turut serta mendukung gerakan literasi media.

Reporter : Yasrul Amri
Editor : Hijriyati Nur Afni

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: