Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Keistimewaan dan Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

foto;lpmmissi/Ainiyah

Pada bulan ramadan, segala amal dan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Selain itu, terdapat keistimewaan lain pada bulan ramadan, yaitu adanya malam lailatul qadar.

Seringkali umat muslim mendengar istilah malam lailatul qadar. Sebenarnya apa malam lailatul qadar itu?

Lailatul Qadar berasal dari kata “Lail” yang artinya malam dan “Qadar” artinya mulia. Dapat ditarik kesimpulan, malam lailatul qadar adalah malam kemuliaan. Di malam tersebut, seorang muslim diberi kesempatan untuk mendapat keberkahan yang lebih baik dari seribu bulan.

Lalu kapan datangnya malam lailatul qadar? Sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan datangnya malam lailatul qadar. Namun, kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah di sepuluh malam terakhir pada bulan ramadan. Terutama pada malam-malam ganjil seperti, 21, 23, 25,27 dan 29.

Sebelum kita membahas tanda-tanda malam lailatul qadar, sebenarnya apa saja keistimewaan malam tersebut?

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Favorit di Semarang

1.Doa yang cepat terkabulkan
Pada malam istimewa ini, doa-doa yang kita panjatkan akan lebih cepat dikabulkan dibanding waktu-waktu lain. Oleh sebab itu, kita sebagai umat muslim wajib memperbanyak salat, istighfar, membaca alquran, dan mengharapkan rahmat dari Allah SWT.

2.Dicatatnya takdir tahunan
Lailatul qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah sebagai perjalanan hidup manusia. Dalam penafsiran ulama, pada malam tersebut berkaitan dengan kehidupan makhluk seperti rezeki, nasib baik, hidup, mati, keberuntungan dan segala hal baik lainnya.

3.Dosa yang terampuni
Salah satu keistimewaan malam lailatul qadar adalah diampuninya dosa-dosa ketika kita mengharapkan pahala dari Allah saat kita melakukan ibadah.

4.Lebih baik dari seribu bulan
Seperti yang kita ketahui bahwasanya malam lailatul qadar adalah suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam ini, pahala akan dilimpahkan bagi umat muslim yang membersihkan diri, karena malam ini merupakan malam yang penuh berkah.

Baca juga: Puasa Tak Sekadar Menahan Lapar dan Dahaga

Berikut Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar:
1.Malam yang tidak panas
2.Bulan terlihat separuh
3.Udara dan suasana pagi yang tenang
4.Memimpikan hal baik
5.Cahaya matahari cerah
6.Khusyuk dalam beribadah bagi umat muslim yang memperbanyak istighfar pada malam tersebut.

Demikianlah keistimewaan serta tanda-tanda kedatangan malam lailatul qadar. Semoga keberkahan yang ada pada malam lailatul qadar dapat kita rasakan sehingga kita menjadi golongan orang-orang yang beruntung.

Penulis: Nur Iffatul Ainiyah

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini