Inovasi Baru, MBS Launching Aplikasi Android

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Radio Komunitas Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN) Semarang launching sebuah aplikasi berbasis android yang diberi nama Mitra Berdakwah dan Sholawat (MBS FM) pada Selasa (10/04). 

Aplikasi ini dibuat dalam waktu tiga hari oleh Novia Widyastuti mahasiswi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) semester delapan dengan dibantu rekannya Safiatun Najib yang juga mahasiswa jurusan KPI.

“Sebenarnya tujuan awal pembuatan aplikasi ini adalah untuk memperkenalkan Radio MBS keseluruh mahasiswa FDK, agar mahasiswa lebih  mengenal dan mengerti bahwa FDK memiliki komunitas radio dan juga sudah bisa streaming,” ujar Novia Widyastuti ketika ditemui.

Baca Juga: Lomba MOBA Ajang Pengasahan Skill

Acara peresmian Aplikasi MBS berlangsung di Laboratorium Dakwah dan dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan, acara tersebut digelar pukul 08.00-12.00 siang. 

Peresmian acara tersebut diawali dengan kegiatan formal pembukaan, menyanyian lagu Indonesia Raya, sambutan dari general manager, sambutan dari ketua pelaksana dan penutup. 

Kemudian dilanjut sesi nonformal yaitu acara peresmian aplikasi MBS secara simbolik  dengan pemotongan nasi tumpeng, presentasi perkenalan dan cara pengunaan aplikasi tersebut.

General Manager Radio MBS Risma Nur Khasanah mengatakan bahwa aplikasi ini sudah bisa didownload oleh seluruh mahasiswa dilayanan Google Play Store, dengan jangkauan frekuensi 2,5 km.

Baca Juga: Mahasiswa Kritisi Fenomena Lewat Kartun

“Kita mencoba mencari inovasi baru agar pendengar tetap dapat mendengarkan siaran Radio MBS dimana saja. Tinggal mendownload dan juga tidak perlu memakai headset, dengan aplikasi ini Radio MBS dapat didengarkan oleh seluruh mahasiswa UIN Walisongo, tidak hanya mahasiswa FDK,” tuturnya.

Ketua pelaksana kegiatan Nurul Hidayat menambahkan, sempat mengalami kendala dalam mempersiapkan acara ini.

“Dibalik suksesnya acara ini, kami memiliki kendala tersendiri, mulai dari persiapan yang diakukan hanya tiga mingguan, serta kendala tempat dan waktu acara. Karena administrasi saya memilih Hari Selasa untuk pelaksanaan kegiatan ini,” pungkasnya.

Reporter : Nabila Nikmatul Laeli (MG 17)
Editor : Hijriyati Nur Afni

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: