Empat Tips Bertahan Hidup bagi Mantan Mahasiswa Setelah di Wisuda

Kebanyakan mahasiswa ingin segera lulus dari bangku kuliah dan segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion. Ternyata roda hidup tidak selicin seperti yang kita angan-angankan kawan. Aku masih ingat perkataan dari temanku yang sudah wisuda, ketika dia main ke kampus dan berbincang-bincang sedikit tentang kenangan indah waktu di kampus dia sedikit menyelipkan sebuah perkataan yang membuatku berpikir sejenak perihal wisuda. Ternyata ada hal buruk yang terjadi apabila kita sudah lulus dari jenjang perkuliahan tetapi belum mendapat pekerjaan, sungguh itu adalah pukulan batin yang teramat mendalam ketika kamu menjadi mantan mahasiswa yang tidak mempunyai keahlian.

Tapi jangan khawatir, untuk menghindari hal-hal yang tidak pantas di sandang seorang yang dianggap terdidik aku sudah menyiapkan beberapa tips keren yang segera kalian kuasai. Berikut 4 Tips Bertahan Hidup untuk Mantan Mahasiswa Setelah di Wisuda:

1. Tekuni skill
Yah, ketika kita mempunyai sikil (kaki) maka kita akan bisa berjalan, begitu pula ketika kita mempunyai skill pasti waktu antara kalian di wisuda dengan kalian mendapatkan pekerjaan itu terbilang cepat, bahkan dalam hitungan menit setelah di wisuda kalian langsung mendapat tawaran pekerjaan di salah satu perusahaan besar di Indonesia. Itu adalah hal yang sangat mungkin dan wajar karena yang dicari adalah skill bukan ijazah tapi bagaimanapun ijazah juga penting. Ikutlah organisasi yang ada di kampus maka skill kalian akan terasah.

2. Bersabar
Jangan anggap bersabar adalah hal yang sepele lho kawan. Ya memang ketika kalian bersabar tidak membuat kalian dapat pekerjaan tapi ketika kalian bersabar setidaknya, energi untuk bertahan akan terkumpul dan pada akhirnya tidak akan ada lagi media yang memberitakan mengenai wisudawan yang bunuh diri atau stres karena menganggur setelah di wisuda.

3. Ikhtiar
Ikhtiar adalah hal yang sangat penting bagi para mantan mahasiswa. Cobalah mencari lapangan pekerjaan, entah itu melalui job fair maupun mendatangi pabrik satu persatu se-Indonesia. Yakinlah, jika kamu ikhtiar dengan sungguh-sungguh apapun yang kau inginkan akan tercapai.

4. Berdoa
Nah berdoa adalah tahapan yang penting pula mengingat kita mempunyai ruh yang membuat skenario kehidupan ini. Untuk itu kita harus banyak-banyak doa kepada roh itu. Ketahuilah, doa ibarat proposal, semakin banyak kita membuat proposal maka proposal yang kalian sodorkan akan diterima begitu pula dengan doa. Teruslah berdoa, jikalau satu, dua, tiga doa belum dikabulkan teruslah berdoa dan jangan menyerah. Percayalah jika kelak satu per satu do’a yang percah kamu ucap akan terwujud suatu hari nanti . (Dafi)

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: