LPMMISSI.COM

Dukung POROS, Persma Walisongo lakukan Aksi Solidaritas

SEMARANG, LPMMISSI.com – Kasus pembreidelan Pers Mahasiswa (Persma) masih kerap terjadi di era demokrasi. Pada 2015, sejumlah persma mengalami intervensi dari pihak kampus, seperti yang dialamai oleh Persma Aksara, pembreidelean Majalah Lentera milik Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi (FISKOM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, dan pembekuan terhadap Persma Universitas Mataram. Kamis lalu (28/04), Persma POROS Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengalami hal serupa. Kegiatan POROS dibekukan oleh rektor dikarenakan pemberitaan seputar ketidaksiapan UAD membuka Fakultas Kedokteran yang dimuat di buletin magang.

Sebagai rasa solidaritas akan pembekuan POROS, persma Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo melakukan aksi solidaritas pada Selasa (03/05) di depan gerbang kampus III UIN Walisongo. “Aksi ini dilakukan sebagai wujud solidaritas antar persma dan sebagai peringatan hari kebebasan pers Internasional yang tepat diperingati hari ini,” ungkap M. Dafi Yusuf selaku koordinator aksi. Aksi diikuti oleh Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) seUIN Walisongo, diantaranya LPM MISSI Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), LPM Edukasi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK), LPM IDEA Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, dan Surat Kabar Mahasiswa (SKM) AMANAT UIN Walisongo.

Dalam press release, persma Walisongo menyampaikan tuntutan dan pernyataan sikap antara lain mengecam tindakan rektorat UAD yang telah menutup LPM POROS, hidupkan lagi LPM POROS sebagai bentuk taat pada undang-undang demokrasi, memperingatkan seluruh rektor dan jajaran kampus di Indonesia untuk tidak semena-mena dala pengambilan keputusan mengenai pemberitaan atau karya jurnalistik yang bersifat kritik, copot dan beri sanksi kepada birokrat yang otoriter dan berpikiran sempit dari jabatannya, melindungi dan menghargai hak jurnalistik (informasi) di kampus, dan menuntut pemerintah membentuk undang-undang terkait pers mahasiswa secara khusus. (Via/Ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us

Gulir ke Atas