6 Ciri-Ciri Mahasiswa Ini Akan Kalian Temui di UIN Walisongo


Tiap universitas pasti memilik ciri tersendiri yang mudah dikenali oleh masyarakat luas, baik dari penampilan, logat, topik pembicaraan, sampai tempat nongkrong. Begitu juga mahasiswa UIN Walisongo Semarang, kampus yang berbasis Islam dan memiliki delapan fakultas ini mempunyai perbedaan tersendiri yang tidak dapat disamakan. Berikut adalah ciri-ciri mahasiswa UIN Walisongo Semarang

1. Penampilan

Mahasiswa UIN Walisongo memang memiliki ciri-ciri penampilan yang religius, hampir semua mahasiswa UIN mengenakan rok/gamis pada saat kuliah, tak jarang beberapa mahasiswa juga mengenakan peci. Meski tak semua berpenampilan menggunakan  rok  dan peci, namun identitas paling menonjol adalah dua hal tersebut. Perihal pakaian ini memang sudah terdapat dalam peraturan kampus. Selain itu, dalam peraturan kampus juga melarang mahasiswi menggunakan celana jeans ataupun baju berbahan kaos ke kampus.

2. Logat

Karena mayoritas mahasiswanya berasal dari Jawa Tengah, sudah pasti mayoritas mahasiswa UIN Walisongo berbicara menggunakan logat Jawa Semarangan, tak jarang juga kalian akan menemukan mahasiswa dengan berbagai logat, yakni logat Jawa Timuran, logat Sunda, logat ngapak, ataupun bahasa daerah lainya.

3. Tempat Nongkrong

Selain tawadhu dalam hal berpenampilan, mahasiswa UIN juga menerapkan kesederhanaaan dalam kehidupan sehari-hari. Tempat nongkrongnya pun tak jauh-jauh dari sekitaran kampus, mulai dari juras, gazebo, angkringan, Dan tempat-tempat lain pada artikel sebelumnya.


4. Topik Pembicaraan

Tak berbeda dengan mahasiswa kampus lain, mahasiswa selalu kritis dengan kebijakan maupun isu-isu terbaru yang sedang hangat dibicarakan baik di dalam kampus maupun di luar. Bedanya, dalam setiap pembicaraan mahasiswa UIN terkadang memasukkan nilai keagamaan disetiap topik yang dibahas.

5. Suka Bersosialisasi

Dalam sebuah perkumpulan mahasiswa yang melakukan kegiatan sosial masyarakat, mahasiswa UIN terkenal sebagai mahasiswa yang mudah berbaur dan tidak segan untuk bergaul dengan masyarakat disekitar. Hal Ini dibuktikan oleh penilaian beberapa dosen yang juga ikut mengamati kegiatan mahasiswa di luar kampus.

6. Kebiasaan

Dalam kehidupan sehari-hari, mahasiswa UIN dikenal sebagai mahasiswa yang ramah, gemar sholat berjamah, serta sering mengikuti pengajian dan sholawatan. 

Nah itu tadi ciri-ciri mahasiswa UIN secara garis besar, jangan malu mengakui diri sebagai Mahasiswa UIN Walisongo. Mengutip kata-kata Gie, “Selamat datang mahasiswa biasa di Kampus yang biasa-biasa saja.”  Ya, begitu juga mahasiswa dan Kampus UIN yang biasa-biasa saja. Namun, dibalik kesederhanaan itu kita memiliki beberapa potensi lebih dan ciri khas yang tidak dimiliki orang lain.


Selamat berjuang!


Penulis: Hijriyanti Nur Afni
Editor: Aini Irmadana

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: