LPMMISSI.COM

5 Aplikasi Ebook Gratis yang Menemanimu #dirumahaja

Foto: Lpmmissi.com/ Openculture.com.

Physical distancing atau #dirumahaja sudah berjalan hampir satu bulan, sejak diterapkan pada 16 Maret 2020 lalu. Sudah berbagai kegiatan dilakukan dan stok bacaan pun mulai menipis. Banyak tugas-tugas yang butuh buku refrensi, tapi terkendala untuk mendapatkannya.

Kalian tidak perlu khawatir karena ada aplikasi yang menyediakan ribuan buku gratis untuk dibaca. Bukan hanya gratis, tapi kalian juga dapat membacanya kapan pun dan dimana pun. Yuk simak apa saja aplikasi-aplikasi tersebut.

1. iPusnas 

Foto: Lpmmissi.com/ Kompasiana.com

Aplikasi buatan Perpustakaan Nasional ini memudahkan kalian mendapatkan buku yang kalian mau, karena tidak perlu lagi datang ke perpustakaan. Di sini banyak koleksi buku yang tersedia. Ada puluhan kategori yang dapat kalian pilih, seperti budaya, sejarah, geografi, kesehatan, hingga novel fiksi. Kalian perlu registrasi terlebih dahulu agar dapat meminjam buku di aplikasi ini. Dalam waktu sehari kalian boleh meminjam maksimal 3 buku saja. 

Baca juga: Lakukan 6 Cara Ini agar Terhindar dari Virus Corona

2. iJakarta

Foto: Lpmmissi.com/ bahasa2bahasa.com.

Hampir sama dengan iPusnas, aplikasi ini menyediakan buku gratis yang dapat kalian baca. Aplikasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah DKI Jakarta ini juga memiliki banyak kategori buku, mulai dari agama, sejarah, motivasi, biografi, hingga olahraga. Tampilan aplikasi ini hampir sama dengan iPusnas. Di iJakarta kalian juga dapat berdonasi lhoo, donasi berupa salinan buku dengan berbagai nominal. Menarik bukan?

3. Wattpad

Foto: Lpmmissi.com/ www.Linkedin.com.

Bagi para pecinta novel, aplikasi ini menjadi pilihan menarik untuk kalian. Novel dalam negeri hingga mancanegara tersedia di aplikasi ini. Banyak genre novel yang ada di aplikasi ini, mulai dari romance, scifiction, thiller, hingga chicklit. Tidak hanya membaca, kalian juga dapat menulis novel sendiri lho. Tak jarang karya di wattpad diterbitkan menjadi novel cetak dan diangkat ke layar lebar.

Baca juga: Semangatmu Hilang? Ini 4 Cara Ampuh Mengembalikan Semangat

4. Amazon Kindle

Foto: Lpmmissi.com/ Techgirl.com.

Di aplikasi ini kalian dapat menemukan beragam ebook yang dapat dibaca, termasuk juga novel-novel klasik luar negeri. Tidak hanya novel, kalian juga dapat membaca majalah dan koran. Aplikasi milik Amazon ini juga terkoneksi dengan perpustakaan yang lokasinya  paling dekat sehingga kalian dapat meminjam buku di perpustakaan tersebut. 

5. Novel Nusantara

Foto: Lpmmissi.com/ Idntimes.com.

Aplikasi novel online yang satu ini berasal dari Indonesia. Pastinya novel yang ada memakai bahasa Indonesia. Uniknya kalian dapat memberi rating untuk penulis jika mencapai level tertentu. Berbagai genre juga tersedia dalam aplikasi ini. 

Dari kelima rekomendasi tersebut, manfaatkan semuanya untuk menemanimu selama #dirumahaja, isi waktu kosong dan selesaikan tugas-tugasmu. Selamat membaca!

Penulis: Shalma Nurvika Faturani

Tinggalkan Balasan

Contact Us